Home » » PROPOSAL

PROPOSAL

Written By Unknown on Wednesday 25 March 2015 | 00:43


PENDAHULUAN
Segala puji milik Allah Subhanahu Wata’ala yang menjadikan lemah lembut dan kasih sayang  menjadi bagian dari sifat manusia, dengan lemah lembut dan kasih sayang tersebut Allah memberikan  kebahagiaan. Shalawat kita haturkan kepada teladan kita Nabi Muhammad Sholallohu ‘Alaihi Wassalam yang barang siapa mengikuti jejak beliau maka beruntunglah orang tersebut.  Salam juga kita haturkan kepada keluarga dan sahabatnya yang senantiasa membantu beliau dalam berda’wah dan menyebarkan kebaikan.
Sesungguhnya manusia selalu mencari kebahagiaan, dimanakah letak kebahagiaan tersebut? Sesungguhnya kebahagiaan tersebar dimuka bumi hanya saja banyak manusia yang tidak memahami. Zona kebahagiaan adalah zona dimana hati seseorang tenang dan damai, kita bisa mencarinya di orang tua, keluarga, sahabat atau orang lain yang menaruh kepedulian kepada kita, yang menyatukan kita dan mereka  adalah sifat lemah lembut dan kasih sayang. Selain itu kebahagiaan sejati yang utama adalah mendekatkan diri kita pada Allah Subhanahu Wata’ala kita mengharap Rahmat-Nya berharap Allah Subhanahu Wata’ala mencintai kita dan memasukan  ke dalam sorga-Nya .
Melembutkan hati adalah salah satu solusi mencari kebahagiaan, Rasulullah pernah ditanya tentang hal ini :
"Ada seorang laki-laki yang datang kepada nabi shollallohu 'alaihi wa sallam mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabipun bertanya : sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi." [HR Thobroni, Targhib, Al Albaniy : 254]
Ternyata mengasihani anak yatim merupakan obat untuk hati yang keras, agar bisa lembut karena lembut adalah esensi dari ketenangan batin. bahkan Allah tegaskan dalam Al-Quran:

"Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah,kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya kami takut akan (adzab) Tuhan kami pada suatu hari yang (dihari) orang-orang bermuka masam penuh kesakitan. Maka Allah memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutra."
[Al-Insan : 8-12]

“Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti  ini", Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya. [HR.Bukhori].

untuk itulah kami Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tirtonirmolo Timur tergerak untuk mendirikan Rumah Yatim dan Dhuafa,  Semoga dengan program ini pula kita disandingkan dengan Rasulullah Sholallohu ‘Alaihi Wassalam.
Dimana setiap anak merupakan aset masa depan bangsa. Semakin baik kualitas setiap anak, maka akan semakin besar pula harapan bangsa ini menjadi semakin baik, maju dan bermartabat. Dalam hal ini termasuk anak-anak yatim dan dhuafa juga merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan diperhatikan secara baik sehingga mereka juga mempunyai kesempatan yang sama untuk memajukan bangsa ini. Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tirtonirmolo Timur  merasa terpanggil untuk turut serta dalam membina anak-anak yatim dan dhuafa agar mereka bisa tumbuh, maju dan berkembang sebagai generasi harapan bangsa.

Kemudian sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim dan dhuafa, Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tirtonirmolo Timur merasa terpanggil untuk berkontribusi guna membina anak-anak yatim dan dhuafa menjadi generasi yang berkualitas sehingga bisa membangun bangsa kedepan menjadi lebih baik.  Agar pembinaan terhadap anak-anak yatim dan dhuafa tersebut bisa terlaksana, maka Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tirtonirmolo Timur membangun Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa di Jogonalan Kidul RT 05 Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul.

Dengan adanya Rumah Asuh ini diharapkan anak-anak yatim dan dhuafa ini dapat dibina secara intensif sehingga mampu untuk mandiri dan mempunyai kualitas keimanan dan kompetensi yang bisa digunakan sebagai bekal dalam menggapai masa depan yang lebih baik. Dengan demikian mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara sehingga bantuan yang Bapak/ Ibu berikan untuk Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa ini akan termasuk kepada golongan orang-orang yang menginvestasikan hartanya di untuk kejayaan bangsa yang pada akhirnya Bapa/ Ibu kelak akan menuai keuntungan yang besar dari Allah Subhanahu Wata’ala sebagai hasil investasi melalui Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa yang digunakan untuk membina anak-anak yatim dan dhuafa menjadi generasi yang mandiri dan lebih baik.
Adapun yang melalarbelakngi kami bermaksud dan berniat membanguan pesantren anak yatim adalah
(QS; Al-Baqarah:177).
“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya; mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji; dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”

Selanjutnya sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim dan dhuafa serta keinginan untuk memberikan pembinaan yang intensif kepada anak-anak yatim dan dhuafa agar mereka bisa mandiri dan menjadi generasi yang lebih baik untuk membangun bangsa maka timbul pemikiran untuk mendirikan Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa sehingga pembinaan kepada mereka bisa dilakukan secara intensif dan berkesinambungan.

VISI dan MISI
VISI
Menciptakan Rumah kediaman bagi Anak Yatim dan Dhuafa yang nyaman, amanah dalam pengelolaan dan pengasuhan.
MISI
Membangun rumah asuh sebagai pusat pembinaan dan Pemberdayaan  yatim dan dhuafa.
Memberikan pengajaran untuk mengasah kecerdasan intelektual, moral dan spiritual
Melatih keterampilan kerja dan kewirausahaan agar siap menghadapi tantangan hidup di masa depan
Menjadikan lembaga yang terpercaya dan fasilitator antara agniya dan Yatim, Kaum Dhuafa
Meningkatkan kualitas taraf hidup anak yatim dan dhuafa menuju hidup mandiri

SASARAN
Dalam hal ini sasaran utama fokus kepada Anak-anak yatim dan dhuafa sebagaimana yang sudah kami uraikan diatas dengan dahlil dan dasar sesuai tuntunan Agama Islam.

SUSUNAN PENGURUS
Penasehat        : Drs. Khomsul Lathifin (Ketua PCM Kasihan)
                           Supandowo (Ketua PRM Tirtonirmolo Timur)
                          HM. Marwan MS.SH (Lurah Desa Tirtonirmolo)
Ketua                : Muhammad Adab
Wakil Ketua        : Drs. Suseno
Sekretaris I        : Agung Wirotomo
Sekretaris II        : Anjar Gigih Dewanto
Bendahara         : Aris Arifudin
Seksi-Seksi
Pembangunan        :    Jasmono
                                   Muh. Ischon
                                   Drs. H Sugiyono
                                   Sukimin
                                  Poningal
Usaha            : Jaya Putra Arsyad
                        Drs. Joko Suryatno
                        Supandowo
                        Bambang S
                        Poningal
Pembantu Umum    :    Sabariman        
                                     Hj. Murjimakir Sarwidi
                                    Jono Asmoro        
                                    Rahmiyati Amri
                                    Niti Wanggono
                                     Yudi Widarto

RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
Terlampir

DOKUMENTASI LOKASI AREA PEMBANGUNAN
Terlampir

PROGRAM BANTUAN
Bantuan donasi dapat disalurkan melalui Rekening berikut:
Bank BRI Unit Kasihan
Nomor Rekening: 6640-01-025657-53-9
a.n Panitia Pembangunan Rumah Yatim

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Pembangunan Rumah Yatim dan Dhuafa Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo Timur  Telp. 085101581517 atas nama Aris Arifudin

PENUTUP
Menyayangi dan menyantuni anak yatim merupakan sikap mulia yang di ajarkan oleh Nabi Sholallohu Alaihi Wasalam .Menyantuni mereka adalah dengan menghibur mereka agar tidak bersedih karena kehilangan tumpuan hidup. Menyantuni mereka dengan memberikan ruang bagi mereka untuk belajar, tumbuh dan berkembang sehingga mereka menjadi insan yang bertaqwa, cerdas dan peduli pada sesama.Pemberdayaan dalam menhadapi hidup lebih berkualitas.
Selanjutnya dalam (HR Bukhari , Kitab Azzakah), “Tidaklah para hamba berada di pagi hari kecuali didalamnya terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdo’a, “Ya Allah, berikanlah pada orang yang berinfak ganti (dari apa yang dia infakkan)”. Sedang yang lain berkata, “Ya Allah, berikanlah kepada orang yang menahan (hartanya) kebinasaan”
Terimakasih atas bantuan yang diberikan sehingga rencana yang kita buat untuk pembangunan rumah asuh yatim dan dhuafa Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tirtonirmolo Timur  dapat terlaksana. Pengurus dan Panitia menyadari memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pelaksaanan rencana tersebut.
Akhirnya, segala bantuan dan dukungan yang diberikan kepada lembaga yang kami kelola kami berdoa semoga Allah Swt melipatgandakan balasannya di akhirat kelak, amiin.
Semoga rahmat dan berkah Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa menyertai usaha ini. Amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.


RANCANGAN ANGGARAN BIAYA (RAB) 
PEMBANGUNAN RUMAH YATIM DAN DHUAFA

NoItem PekerjaanVolSatHarga/SatJumlahTotalBobot
RpRpRp100%
APekerjaan persiapan lapangan
1Pekerjaan pembersihan lokasi300m225,000.00 7,500,000.001.616
2pekerjaan pengukuran dan bowplank117m155,000.00 6,435,000.001.386
3pembongkaran pondasi lama0bh- 0.000.000
4pembuatan brak1bh3,500,000.00 3,500,000.000.754
5distribusi truk ke kampong1bh2,000,000.00 2,000,000.000.431
Sub jumlah19,435,000.00
BPekerjaan Galian dan urugan
1Galian pondasi batu kali 84.24m365,000.00 5,475,600.001.180
2Urugan kembali pondasi28.08m353,000.00 1,488,240.000.321
3Urugan pasir bawah lantai18.2m3120,000.00 2,184,000.000.470
4pasir pasang bawah pondasi8.424m3100,000.00 842,400.000.181
5urugan tanah74m395,000.00 7,030,000.001.514
Sub jumlah17,020,240.00
CPekerjaan pasangan dan plesteran
1Pekerjaan pasangan bata 282m292,500.00 26,085,000.00 5.619
2Pekerjaan Plestran dinding516m242,750.00 22,059,000.00 4.752
3Pekerjaan acian 452m245,000.00 20,340,000.00 4.382
4Pekerjaan Pasangan pondasi batu kali42.12m3475,000.00 20,007,000.00 4.310
5Pekerjaan pasangan roster65bh55,000.00 3,575,000.00 0.770
Sub jumlah92,066,000.00
DPekerjaan Beton Bertulang
1Cor Beton Pondasi Foot Plat 1pc : 2ps : 3kr0m34,375,000.00 0.000.000
2beton sloof 15/25 1pc : 2ps : 3kr0m34,375,000.00 0.000.000
3beton sloof 15/20 1pc : 2ps : 3kr3.45m33,450,000.00 11,902,500.002.564
4Cor Beton Kolom Praktis 15/15 1pc : 2ps : 3kr3.96m33,625,000.00 14,355,000.003.092
5Cor Beton kolom Struktur 15/30 1pc : 2 ps : 3 kr0m33,275,000.00 0.000.000
6Cor Beton Balok Struktur 20/30 1pc : 2 ps : 3 kr0m33,775,000.00 0.000.000
7Cor Beton Balok Struktur 15/25 1pc : 2 ps : 3 kr0m33,775,000.00 0.000.000
8Cor Beton gunung-gunung 15/20 1pc : 2 ps : 3 kr0m32,850,000.00 0.000.000
9Cor Beton Balk 15/20 1pc : 2 ps : 3 kr3.75m33,700,000.00 13,875,000.002.989
10Cor Beton Plat lantai tebal 12 cm 1pc : 2ps : 3kr0m33,775,000.00 0.000.000
11Cor Beton plat atap tebal 10 cm 1pc : 2ps : 3kr0m33,775,000.00 0.000.000
12Cor talang Dag Tebal 8cm 1pc : 2 ps : 3kr0m33,150,000.00 0.000.000
13Cor Beton Plat tangga 1pc : 2ps : 3 kr0m33,775,000.00 0.000.000
14Cor Beton topi-topi tebal 10 cm 1 pc : 2 ps : 3kr1.5m32,500,000.00 3,750,000.000.808
15Rabat beton tebal 5 cm9.1m3750,000.00 6,825,000.001.470
Sub jumlah50,707,500.00
EPekerjaan Lantai
1Keramik Lantai 40/40 MILAN170m2215,000.00 36,550,000.00 7.874
2Keramik dinding km/wc MILAN 20/2536.75m2178,500.00 6,559,875.00 1.413
3Keramik lantai km/wc MILAN 20/2015m2167,500.00 2,512,500.00 0.541
4Keramik plint 10/40 MILAN80m153,750.00 4,300,000.00 0.926
Sub jumlah49,922,375.00
Fpekerjaan pintu jendela
1Kusen kayu jati 6x12130m1125,000.00 16,250,000.00 3.501
2Daun pintu Ram jati 6bh1,250,000.00 7,500,000.00 1.616
3daun jendela ram jati28bh550,000.00 15,400,000.00 3.318
4Daun pintu Kamar mandi pvc4bh475,000.00 1,900,000.00 0.409
5Kaca mati Bening tebal 5 mm 21m2110,000.00 2,310,000.00 0.498
6Daun pintu kecil ram jati2bh600,000.00 1,200,000.00 0.259
Sub jumlah44,560,000.00
GPekerjaan Atap
1Rangka Atap Baja Ringan185m2155,000.00 28,675,000.00 6.177
2Pekerjaan Pemasangan atap genteng beton185m285,000.00 15,725,000.00 3.388
3kerpusan genteng50m185,000.00 4,250,000.00 0.916
4Rangka Usuk atap bengkirai 5/7 dan reng 2/30m2145,000.00 - 0.000
5talang miring 2x2/20 BJLS0m1125,000.00 - 0.000
6lisplang 2/20 grc76m155,000.00 4,180,000.00 0.900
7plafon gypsum rangka hollow200m290,000.00 18,000,000.00 3.878
8list profil gypsum150m135,000.00 5,250,000.00 1.131
Sub jumlah76,080,000.00
HPekerjaan Pengecatan
1Perkerjaan konpon dinding0m217,500.00 -
2Cat dinding catylak452m232,500.00 14,690,000.00 3.165
3Melamin kusen pintu dan jendela130m180,000.00 10,400,000.00 2.240
4Melamin daun Pintu 30m2105,000.00 3,150,000.00 0.679
5Melamin daun jendela 42m265,000.00 2,730,000.00 0.588
6Cat Gypsum200m222,000.00 4,400,000.00 0.948
7Cat Lisplang19m221,000.00 399,000.00 0.086
8Cat genteng Tamitek185m218,000.00 3,330,000.00 0.717
Sub jumlah39,099,000.00
IPekerjaan Listrik
1Titik Lampu32ttk275,000.00 8,800,000.00 1.896
2Stop Kontak18ttk275,000.00 4,950,000.00 1.066
3Saklar18ttk55,000.00 990,000.00 0.213
4rumah lampu downlight32ttk95,000.00 3,040,000.00 0.655
5automatic toren1bh250,000.00 250,000.00 0.054
6Instalasi AC0ttk300,000.00 - 0.000
7Instalasi TV0ttk300,000.00 - 0.000
Sub jumlah18,030,000.00
JPekerjaan Sanitasi
1Sal. Air Limbah Ø3" PVC40m136,500.00 1,460,000.00 0.315
2Pipa air kotor Ø 4 " PVC40m142,500.00 1,700,000.00 0.366
3Pipa air besih Ø 3/4 " PVC50m125,000.00 1,250,000.00 0.269
4Floor drain4bh75,000.00 300,000.00 0.065
5Kran7bh125,000.00 875,000.00 0.188
6Shower4bh650,000.00 2,600,000.00 0.560
Sub jumlah8,185,000.00
KPekerjaan kamar mandi
1Pasang washtafel ina2bh750,000.00 1,500,000.000.323
2Bak mandi0bh650,000.00 0.000.000
3klosetduduk standart ina4bh1,650,000.00 6,600,000.001.422
4roof tank kapasitas 500L1bh1,450,000.00 1,450,000.000.312
Sub jumlah9,550,000.00
LPekerjaan Penggantung dan Kunci
1Slot Tanam8bh135,000.00 1,080,000.00 0.233
2Engsel Pintu24bh35,000.00 840,000.00 0.181
3Engsel Jendela56bh35,000.00 1,960,000.00 0.422
4Grendel Jendela28bh35,000.00 980,000.00 0.211
5Hak angin jendela56bh35,000.00 1,960,000.00 0.422
Sub jumlah6,820,000.00
MPekerjaan Tambahan
1pekerjaan pembuatan sumur air bersih15m1425,000.00 6,375,000.001.373
2pekerjaan pembuatan sumur peresapaan air lemak dan kotor8m1425,000.00 3,400,000.000.732
3pembuatan septictank2bh2,000,000.00 4,000,000.000.862
4Pembuatan sumur resapan air hujan4m1425,000.00 1,700,000.000.366
5Pekerjaan pasangan pavingblock0m2125,000.00 0.000.000
6pompa air1bh1,750,000.00 1,750,000.000.377
7Tangga Putar0bh7,250,000.00 0.000.000
Sub jumlah17,225,000.00
NPekerjaan Lain-lain
1Pembersihan lokasih1bh2,000,000.00 2,000,000.00 0.431
2pekerjaan taman0unit10,000,000.00 - 0.000
3dinding partisi penyekat ruang ( GRC rangka alumunium )54m2250,000.00 13,500,000.00 2.908
Sub jumlah15,500,000.00
JUMLAH464,200,115.00100.00
ROUNDED ( A )465,000,000.00
LUAS BANGUNAN182.00
HARGA
( per M2)2,550,550.08
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | RIJKI Template | PRM Tirtonirmolo Timur
Copyright © 2011. Rumah Yatim & Dhuafa Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo Timur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kak Anjar Template
Proudly powered by Blogger